You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Banyak Supermarket Belum Urus Izin Penjualan Daging
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Banyak Supermarket Belum Urus Izin Penjualan Daging

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, Muljadi menyesalkan masih banyaknya pengelola supermarket yang belum mengurus perizinan penjualan daging. Padahal saat ini mengurus perizinan sangat mudah, karena bisa dilakukan di kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Surat izin berjualannya sudah mati sejak November 2014, hingga kini belum diperpanjang

Menurut Muljadi, akibat banyaknya pengelola supermarket yang tidak mengantongi izin, membuat lemahnya pengawasan dan daging yang dijual pun rawan terinfeksi berbagai macam penyakit berbahaya.

Salah satu pengelola supermarket yang belum mengurus perizinan penjualan daging berlokasi di kawasan pertokoan Duta Merlin Gambir, Jakarta Pusat.

6 Kg Daging Busuk Disita dari Supermarket di Jakpus

"Surat izin berjualannya sudah mati sejak November 2014, hingga kini belum diperpanjang. Padahal mengurus perizinan sekarang sangat mudah di PTSP," ujar Muljadi, Rabu(2/9).

Muljadi menyebutkan, pihaknya sudah empat kali mendatangi supermarket di Duta Merlin tersebut untuk mengingatkan agar mereka segera mengurus perizinan penjualan daging. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Kesadaran pengusaha masih minim untuk mengurus izin, jadi harus terus dilakukan sosialisasi dan pembinaan," ujar Muljadi.

Dikatakan Muljadi, dari 23 toko daging yang ada di Jakarta Pusat, sebanyak 17 toko sudah diperiksa dan ditegur supaya mengurus izin. Pihaknya menargetkan seluruh toko harus memiliki sertifikat nomor kontrol veteriner (NKV), yang merupakan sertifikat yang menandakan atau terpenuhinya syarat higienis, sanitasi dan halal.

"Hari ini kita buatkan surat pernyataan kalau mereka akan mengurus surat batas waktu Senin depan. NKV itu syarat izin berjualan daging," tegas Muljadi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye888 personAldi Geri Lumban Tobing